Diferensiasi Sosial berdasarkan Perbedaan Ras

Konsep ras melahirkan jejak asal usul dalam diskursus biologis Darwinisme sosial yang menitikberatkan adanya garis keturunan dan jenis-jenis manusia. Ras biasanya mengacu kepada karakteristik biologis dan fisik yang diyakini dimana yang paling menonjol adalah warna kulit.

Menurut Paul Horton dan Charles Hunt (1999:60), ras adalah suatu kelompok manusia yang agak berbeda dengan kelompok-kelompok lainnya dalam segi ciri-ciri fisik bawaan, disamping itu banyak juga ditentukan oleh pengertian yang digunakan oleh masyarakat.

Menurut Koentjaraningrat, ras adalah suatu golongan manusia yang menunjukkan berbagai ciri tubuh yang tertentu dengan suatu frekuensi yang besar. Dari pengertian tersebut, nampak jelas bahwa ras merupakan penggolongan yang bersifat jasmaniah.

Tetapi dalam perkembangannya, konsepsi tentang aneka warna ciri tubuh manusia telah banyak menimbulkan kesedihan dan kesengsaraan yang disebabkan oleh adanya kesalahpahaman yang besar mengenai ras.

Al Kroeber (dalam Horton dan Cooly, 1999:60) membuat klasifikasi ras di dunia atas lima ras yaitu Australoid, Mongoloid, Kaukasoid, Negroid, dan ras-ras khusus.
  • Austroloid yaitu penduduk asli Australia (Aborigin).
  • Mongoloid yaitu penduduk asli wilayah Asia dan Amerika, antara lain:
  1. Asiatic Mongoloid (Asia Utara, Asia Tengah dan Asia Timur).
  2. Malayan Mongoloid (Asia Tenggara, Indonesia, Malaysia, Filipina, dan penduduk asli Taiwan).
  3. American Mongoloid (Penduduk asli Amerika).
Diferensiasi Sosial berdasarkan Perbedaan Ras
  • Kaukasoid yaitu penduduk asli wilayah Eropa, sebagian Afrika, dan Asia antara lain:
  1. Nordic (Eropa Utara sekitar Laut Baltik).
  2. Alpine (Eropa Tengah dan Eropa Timur).
  3. Mediteranian (sekitar Laut Tengah, Afrika Utara, Armenia, Arab dan Iran).
  4. Indic (Pakistan, India, Bangladesh, dan Sri Lanka).
  • Negroid adalah penduduk asli wilayah Afrika dan sebagian Asia antara lain:
  1. African Negroid (Benua Afrika).
  2. Negrito (Afrika Tengah, Semenanjung Malaya yang dikenal dengan orang Semang, Filipina).
  3. Melanesian (Irian, Melanesia).
  • Ras-ras khusus adalah ras yang tidak dapat diklasifikasikan dalam keempat ras pokok, antara lain:
  1. Bushman (Gurun Kalahari - Afrika Selatan).
  2. Veddoid (Pedalaman Sri Lanka dan Sulawesi Selatan).
  3. Polynesian (Kepulauan Mikronesia dan Polynesia).
  4. Ainu (Pulau Karafuto dan Hokaido Jepang).

Dari berbagai macam ras yang ada di dunia, nenek moyang bangsa Indonesia merupakan campuran penduduk asli dengan bangsa pendatang yaitu Austronesia yang menetap di Indonesia di kepulauan bagian barat, bangsa Papua Melanesoid yang menetap di kepulauan bagian timur dan bangsa Wedoid yang berasal dari Sri Lanka. Adapun ciri-ciri bangsa Melayu Mongoloid atau Austronesia adalah rambut ikal atau lurus, muka agak bulat, kulit sawo matang atau kekuning-kuningan. Ciri-ciri bangsa Melanesoid adalah rambut keriting kecil-kecil, bibir tebal, dan kulit hitam. Ciri-ciri bangsa wedoid adalah perawakan kecil, kulit sawo matang, dan rambut berombak.

Nah, dari ciri-ciri ras tersebut, sesuaikah dengan mayoritas ciri fisik bangsa Indonesia? Melalui pemaparan tersebut diharapkan kalian dapat melihat bahwa perbedaan ciri fisik setiap manusia menentukan asal nenek moyang sehingga tidak perlu dijadikan sebuah perdebatan atau-pun pengucilan diri.

Pada perkembangannya, para ahli sosiologi menggunakan istilah kelompok etnik untuk menyebutkan setiap bentuk kelompok baik kelompok ras maupun yang bukan kelompok ras yang secara social dianggap berada dan telah mengem-bangkan subkulturnya sendiri. Atau bisa dikatakan kelompok etnik adalah kelompok yang diakui oleh masyarakat dan oleh kelompok etnik itu sendiri sebagai suatu kelompok yang tersendiri. Walaupun perbe-daan kelompok dikaitkan dengan nenek moyang tertentu namun ciri-ciri pengenalnya dapat berupa bahasa, agama, wilayah kediaman, kebangsaan, bentuk fisik, atau gabungan dari beberapa ciri tersebut.

Cara Belajar, Berprestasi Di Sekolah, Ayo Sekolah, Ilmu Teknik, Cara Mudah Belajar, Sekolah Dasar, Rajin Pangkal Pandai, Mari Belajar, Sekolah Untuk Semua, Bangku Sekolah
Advertisement
ADSENSE
Artikel Menarik Lainnya
Copyright © 2012-2099 Uni KL Bloggers - Dami Tripel Template Level 2 by Ardi Bloggerstranger. All rights reserved.
Valid HTML5 by Ardi Bloggerstranger